Monday 19 October 2015

Cara Budidaya Jamur Tiram Di Rumah Dengan Untung Besar

Cara budidaya jamur tiram di rumah - Ingin mencoba usaha jamur tiram skala rumahan? sangat mudah kok dan bisa dilakukan di area yang tidak begitu besar. Dalam menjalankan bisnis jamur tiram harus mempunyai rasa tekun dan rajin dalam merawatnya. untuk mengembakbiakan jamur tiram ini syaratnya rajin emenyiran dan merawatnya.

Kata Bade belantara, Pendamping Transfer Teknologi di Agro Techno Park, Ogan Ilir, Palembang "Jadi, tidak bisa ditinggalkan begitu saja. harus telaten. Caranya cukup mudah,  dan bisa dilakuan di ruangan berukuran 3x4 Meter" dan dia juga mengatakan untuk modal bisnis jamur tiram rumahan tidak terlalu mahal, untuk memulainya anda bisa mencobanya dengan menanam bibit jamur sebanyak 1000 baglog. Petani jamur tiram harus mempunyai media tanam jamur tiram ini berupa baglog, yaitu kompos yang dimasukan dalam plastik bening.

Usaha Budidaya Jamur Tiram Skala Rumah Tangga
Usaha Budidaya Jamur Tiram Rumah sederhana

Lalu untuk biaya membuat baglognya juga tidak terlalu mahal, hanya berkisar Rp 3.500 per biji dan dikalikan 1000, maka ditotal untuk dana membuat baglog jamur tiram sekita Rp 3.5 juta. Rata rata satu bungkus baglog dalam sekali panen dapat menghasilkan sekitar 0.7 - 1 ons. dan masa panennya bisa sampai 8 kali. untuk daerah palembanga harga jamur tiram tiap kilogramnya bisa mencapai Rp 20.000 per kg. bayangkan berapa omset yang anda dapat hanya dengan menanam 1000 benih jamur tiram saja.

"Sebenarnya bisnis keripik jamur crispy dengan berbagai bumbu, kini sedang laris di pasar. Banyak disukai remaja dan orang tua. Tinggal bagaimana inovasi dalam mengolahnya," kata Bade.

Lalu bagaimana cara membudidayakan jamur tiram yang bagus itu? nah kali ini kami akan membagikan tips cara berbisnis jamur tiram yang menguntungkan dan menjanjikan.

Cara Simple Budidaya Jamur Tiram Dengan hasil Maksimal

  1. yang pertama dilakukan adalah membuat medianya terlebih dahulu. caranya, ambil kira kira 80% serbuk kayu atau berkisar 8 ons, lalu dicampur dengan betakul atau dedak sekitar 10 - 15% sebagai nutrisi, lalu kapur pertanian (dolomit yang sudah dingin berupa serbuk untuk penuun PH sekitar 3%) dan ditambah air secukupnya. kemudian semua bahan tersebut di campur dan diaduk rata
  2. Masukan bahan kompos yang sudah diaduk ke dalam plastik ukuran satu kg atau ukuran 20-30 cm. Kemudian dipadatkan dengan botol, sampai padat. Setelah penuh diikat bagian atas plastik.
  3. Kemudian media baglog diseterilisasi dengan cara dikukus atau dimasak selama 8-10 jam dengan panas 85-110 derajat celcius. anda bisa menggunakan kompor gas atau kayu bakar untuk merebus baglog nya.
  4. Setelah perebusan baglo sudah seleai, kemudian baglog di diamkan untuk menghilangkan panasnya, pendiaman ini selama 24 jam atau semalaman di ruang inokulasi(ditularkan bibitnya).
  5. Lalu buka penutup baglog bagian atas untuk memasukan bibit jamur tiram, bibit jamur tiram bisa anda peroleh di pengrajin jamur. masukan bibit jamur tiram ke dalam baglog sekitar 1 sampai 2 sendok makan. lalukanlah pembibitan ini di tempat yang bersih dan steril untuk menghindari bakteri dan juga kuman masuk ke media baglog.
  6. Setelah bibit dimasukkan langsung diikat lagi. Kemudian ditata di rak dan masukan ke ruang inkubasi berukuran 3x4 m, dengan suhu 24-29 derajat, dan tingkat kelembaban 90-10 lux (cahaya). Ruangan upayakan selalu tertutup dan dalam keadaan gelap, hanya disinari cahaya matahari dari ventilasi, dan ada sirkulasi udara 1-2 jam.
  7. setalah sekitar 1 sampai 2 bulan di ruang inkubasi, buka lagi ikatanya agar calon jamur menyembul
  8. Dan perawtan yang terakhir adalah menyiram atau menyemprot jamur secara rutin sehari 3 kali. kerutinan inilah yang membuat kualitas jamur baik atau tidaknya. lalu setelah sekitar 1 sampai 2 bulan jamur akan membesar dan panen jamur tiram pun siap dilakukan. panen jamur tiram ini tidak hanya sekali saja, bisa berkali kali sampai 8 kali panen. jika ingin kualitas jamur tiram yang baik maka siram dengan cucian air beras.
Nah dengan langkah langkah merawat jamur tiram diatas, pastinya anda tidak sabar untuk menghitung berapa keuntungan yang di dapat dari bisnis jamur tiram dari rumah ini. itu saja paparan singkat tentang Cara Mudah budi daya jamur tiram di rumah untuk  pemula yang bisa menjadi referensi anda. Terima kasih

Related Posts

Cara Budidaya Jamur Tiram Di Rumah Dengan Untung Besar
4/ 5
Oleh